usaha jual makanan burung

5 Tips Memulai Usaha Jual Makanan Burung Bagi Pemula

Dunia bisnis memang memiliki magnet tersendiri dalam menarik minat seseorang untuk menggelutinya. Ada banyak sekali macam bisnis yang bisa dijalani, salah satunya adalah usaha jual makanan burung. Burung merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai orang dan sering dilombakan. Tak mengherankan jika penghobi selalu memberikan perawatan terbaik dan memberikan pakan burung berkualitas tinggi. Maka dari itu, bisnis ini mempunyai prospek bagus yang menyasar penghobi burung.

Selain prospek yang bagus, bisnis pakan burung ini dapat menghasilkan omset hingga jutaan rupiah. Tertarik untuk mencoba usaha ini? Inilah beberapa tips yang perlu disimak sebelum memulai usaha pakan burung.

1. Menentukan Lokasi

Salah salah satu kunci utama dalam sebuah usaha adalah lokasi. Carilah lokasi usaha yang strategis atau dekat dengan pusat keramaian atau sering dilewati orang, misalnya dekat dengan pasar burung. Jika sudah memilih lokasi yang pas, jangan lupa untuk menata toko agar terlihat semakin menarik. Selain itu, lakukan promosi dengan memberi harga spesial atau diskon untuk menarik perhatian konsumen.

2. Memanfaatkan Teknologi

Seorang pebisnis nampaknya harus bisa memanfaatkan peluang dengan baik agar usahanya semakin luas. Tidak hanya membuka toko saja, usaha jual makanan burung ini dapat dilakukan secara online. Penjual bisa membuka toko online melalui sosial media atau marketplace sehingga pangsa pasar semakin luas dan keuntungan pun meningkat.

Membuka toko pakan burung online juga bisa menjadi opsi bagi penjual yang tidak memiliki modal banyak. Sehingga jual beli pakan bisa dilakukan di rumah tanpa perlu repot mencari lokasi untuk membuka toko. Untuk itu, memanfaatkan teknologi seperti internet sangatlah membantu.

3. Menjual Berbagai Jenis Pakan

Berbeda jenis burung maka akan lain pula pakan dan cara merawatnya. Untuk itu, menyediakan berbagai produk makanan burung bisa menjadi salah satu faktor kesuksesan bisnis tersebut. Sediakan produk makanan burung seperti kroto, jangkrik, pelet, ulat hongkong, dan lain-lain. Pastikan juga pakan burung yang dijual memiliki kualitas bagus agar konsumen tertarik untuk membeli. Jika produk yang dijual beragam dan berkualitas tinggi pastinya konsumen akan merasa puas dan tidak ragu untuk kembali lagi.

4. Memproduksi Pakan Burung Sendiri

Salah satu cara memperoleh keuntungan yang lebih dari usaha jual makanan burung adalah memproduksi beberapa jenis pakan sendiri. Memproduksi sendiri pakan burung nantinya akan jauh lebih murah daripada harus membeli dari produsen. Ada beberapa pakan burung yang bisa dicoba untuk dibudidayakan, misalnya jangkrik, ulat hongkong atau kroto.

Namun, sebelum memulai produksi ada baiknya jika memiliki perencanaan yang matang. Hitung berapa modal yang perlu dikeluarkan, serta memikirkan untung dan rugi apabila memproduksi pakan sendiri.

5. Mengikuti Komunitas

Melakukan promosi merupakan suatu cara yang ampuh agar usaha jual makanan burung yang sedang dijalani semakin dikenal. Salah satu cara promosi yang terbilang efektif adalah mengikuti komunitas baik itu di media sosial atau lingkungan sekitar, misalnya komunitas pecinta burung.

Dengan bergabung dalam suatu komunitas ini penjual dapat mempromosikan produk pakan burung yang dijual dan mendapatkan konsumen menjadi lebih mudah. Selain itu, penjual pun bisa bertukar informasi dengan anggota komunitas. Sehingga bisnis yang dijalankan semakin berkembang pesat.

Itulah beberapa tips untuk memulai usaha jual makanan burung yang bisa dijadikan referensi. Meski modal yang harus disiapkan tidak sedikit, tapi berjualan pakan burung berpeluang menghasilkan keuntungan yang besar. Niat dan konsisten dalam melakukan promosi dapat menjadi sebuah kunci utama kesuksesan dalam memulai bisnis satu ini.