Tips Memulai Bisnis Seragam Sekolah agar Untung Melimpah

Ketika memasuki tahun ajaran baru setelah libur panjang, ada kebiasaan anak sekolah memakai baju seagam baru. Tak hanya siswa baru saja yang menggunakan seragam baru, siswa yang naik kelas pun memiliki kebiasaan ini. Hal ini menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Untuk mengurangi kegagalan bisnis, perlu memperhatikan tips memulai bisnis seragam sekolah berikut:

1. Riset Kebutuhan Pasar

Tips memulai bisnis seragam sekolah yang pertama yaitu riset kebutuhan pasar. Dari banyaknya kebutuhan seragam sekolah di masyarakat, seharusnya dapat menemukan jenis seragam dan perlengkapan sekolah yang menjadi kebutuhan. Seragam yang wajib dikenakan pada tiap jenjang pendidikan memiliki ciri khas berbeda. Contohnya seragam putih merah (SD), putih biru (SMP), dan putih abu (SMA).

Setelah menemukan kebutuhan konsumen, kini saatnya untuk menentukan jenis seragam mana yang akan menjadi pilihan bisnis. Kalau mampu, ambil semua jenis seragam dari setiap jenjang pendidikan. Riset kebutuhan konsumen ini berfungsi untuk memudahkan pemilihan lingkup bisnis dan meminimalkan kegagalan.

2. Penggunaan Modal

Bisnis seragam sekolah membutuhkan modal yang besart. Apalagi jika mengambil ceruk di semua level pendidikan. Butuh dana untuk memenuhi kebutuhan material, jasa penjahit, packaging, promosi, dan sebagainya.

Jika memiliki relasi yang luas, modal tidak menjadi masalah besar. Contohnya dengan menegosiasi pembayaran bahan baku dari penjual kain langganan. Sistem yang sering dijalankan oleh pengusaha seragam sekolah yakni sistem pre order. Pemesan membayar sejumlah uang terlebih dahulu  yang selanjutnya dilakukan pembuatan seragam. Apabila pengerjaan seragam sekolah telah selesai, pemesan membayar sejumlah kekurangan yang harus dibayar.

3. Kerjasama dengen Sekolah dan Toko Perlengkapan Sekolah

Bekerjasama dengan pihak sekolah menjadi pilihan yang tepat dalam bisnis seragam sekolah. Terutama sekolah yang memiliki koperasi yang menjual seragam sekolah untuk siswa siswinya. Lakukan kerjasama sebagai pemasok dan tentunya harus siap menerima pesanan dalam jumlah yang besar.

Selain sekolah, jalin kerjasama dengan toko perlengkapan sekolah. Biasanya, toko perlengkapan sekolah juga menjual seragam. Jagalah kerjasama ini karena setiap tahun ajaran baru biasanya banyak anak sekolah yang memerlukan seragam baru.

4. Kualitas Produk

Hal yang paling penting yakni menghasilkan seragam sekolah dengan kualitas baik. Kaulitas di sini banyak cakupannya, seperti kain seragam, kerapihan dan kekuatan jahitan, potongan seragam, dan lainnya. Pastinya jika kualitas produk teruji, akan ada banyak konsumen yang membeli seragam sekolah di tempat ini. Dampak lainnya yaitu sekolah-sekolah dan toko akan memperpanjang kontrak kerjasama.

5. Penentuan Harga

Selain kualitas produk, daya tarik lain yang bisa diunggulkan yakni harga seragam. Penentuan harga tidak bisa dilakukan sembarangan. Banyak aspek yang dimasukkan dalam penentuan harga seperti harga bahan baku, harga pesaing, jasa penjahit, keuntungan yang diinginkan, biaya promosi, transportasi, dan lainnya.

Pemain bisnis seragam sekolah sangat banyak, sehingga perlu melakukan analisis untuk menentukan harga. Harga seragam di masyarakat menjadi acuan dalam penentuan harga produk. Dengan demikian, harga seragam tidak kemurahan maupun kemahalan dan bisa bersaing dengan kompetitor.

6. Strategi Pemasaran

Tanpa kegiatan pemasaran, produk sebagus apapun tidak akan dikenal oleh masyarakat. Strategi pemasaran yang tepat akan menaikkan brand produk yang mulai terbangun. Setelah mengenal produk, dengan pemasaran yang pas diharapkan seragam sekolah laku terjual.

Selain dengan kerjasama dengan sekolah dan toko, sebaiknya penawaran seragam juga dilakuakn sendiri. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, proses pemasaran bisa dilakaukan dengan menggunakan media sosial instagram dan facebook. Tawarkan seragam sekolah di komunitas parenting atau pendidikan anak yang ada di facebook. Biasanya di grup tersebut berisi ibu-ibu dari segala usia yang membahas pendidikan anak.

Nah, bagi pemula yang akan memulai bisnis seragam sekolah, tips ini bisa dipraktekkan. Lakukan dengan terencana untuk menghasilkan untuk yang melimpah.